Cybersecurity

Cara Memasang CCTV Di Rumah

Memasang CCTV dirumah – Tips paling mudah untuk memasang CCTV dirumah bisa Kamu pelajari sendiri. Sangatlah penting memang dalam mengamankan sekitar rumah dari ancaman perampokan dan sebagainya.Rumah merupakan tempat yang sangat berharga, keluarga dan apapun yang bernilai berharga pasti ada didalam rumah.Apa yang akan Kamu lakukan untuk mengamankan semua itu? Bisanya seseorang menggunakan system keamanan untuk mengamankan rumahnya dengan cara memasang CCTV di sekitaran rumahnya.

Garis besar fakta yang harus kamu ketahui yaitu jika angka kriminalitas di Negara ini semakin tinggi. Itulah yang banyak membuat orang-orang merasa was-was akan terjadinya hal itu. Dengan memasang CCTV sedikitnya bisa membantu mencegah kejadian tersebut terjadi.Jika kejadian yang tidak diingnkan terjadi, contohnya adanya pencurian, dengan adanya rekaman CCTV makan dapat dijadikan bukti untuk melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Cara Memasang CCTV

1. Memilih Kamera CCTV

Sebelum Kita berbicara tetang bagaimana cara memasangnya, sebaiknya Kamu harus mengenali dulu bagaimana sih cara memilih kamera CCTV yang baik. Seperti yang Kamu ketahui, kini banyak sekali merk dan jenis CCTV yang sering dilihat dipasaran, dimulai dari harga paling murah sampai dengan harga yang paling mahal.Disitulah tugas Kamu untuk memilih yang sesuai dengan kondisi rumah Kamu sendiri.Jangan terlalu memaksa untuk membeli kamera CCTV yang paling mahal, Kamu juga harus mempertimbangkan budget yang Kamu miliki.

2. Karakteristik CCTV

Penempatan memang sangat berpengaruh, untuk itu carilah tempat yang menurutmu strategis untuk dipasang CCTV. Kamera CCTV yang cocok dipasang di outdoor dilengkapi weatherproof dan diberikan fasilitas pelindung topi untuk pancaran matahari dan tetesan air ketika hujan.

Kamera outdoor itu mempunyai banyak karakteristik dibandingkan dengan kamera CCTV indoor.Memang kamera CCTV indoor paling banyak digunakan orang-orang, tetapi jika ruangan indoor tidak terlalu gelap maka Kamu usahakan memilih CCTV yang non infrared saja.

3. Tata Letak CCTV

Nah setelah Kamu mengetahui cara memilih dan karakteristik dari kamera CCTV, maka tentukan penataan letak CCTV untuk dipasang. Misalnya Kamu akan memasang di plafon, dinding atau diletakan secara tersamarkan. Dari peletakan pasang CCTV itulah yang nanti akan berpengaruh. Pastikan letaknya tepat dan zona lingkungannya dapat dipantau.CCTV yang mempunyai dimensi kecil itu cocok untuk penempatan yang ingin disembunyikan.Sedangkan dengan dimensi yang besar sangat besar untuk rekaman yang lebih jelas.

4. Memasang CCTV

Setelah mengetahui semuanya, maka saat ini yang harus Kamu tau yaitu cara memasangnya.

Berikut adalah cara memasang CCTV dirumah:

- Langkah pertama yang dibutuhkan yaitu siapkan beberapa perlengkapan. Kamera CCTV, DVR, kabel, bor dan yang lainnya.

- Setelah peralatan lengkap, saatnya Kamu melakukan perancangan.

- Kemudian pasang jaringan internet yang support ke DVR di lokasi. Tentukan untuk penempatan DVRnya, yang terpenting adalah DVR di simpan di tempat yang terdapat sirkulasi udara dan jangan disimpan di tempat tertutup.

- Setelah itu, untuk sitem keamanan maka Kamu perlu menginstal perangkat lunak dengan menghubungkan kebel dari CCTV sampai ke monitor dan DVR.

- Kamu hubungkan konektor pada DVR dan konfigurasi untuk mengambil sinyal. Sesuaikan dengan kebutuhan

- Pasang braket dinding dan tempat untuk sekrup. Lalu lakukanlah pengeboran lubang untuk kawat. Kawat tersebut dijalankan melalui lubang dinding sampai ke monitor. Hubungkan CCTV pada sumber tegangan listrik arus searah.

- Sakelar harus diletakan di tempat yang sangat rahasia.

- Yang terakhir, pastikan semua kabel tadi terhubung dengan kamera, DVR, monitor dan lainnya.

Jadi apa yang mau di bingungkan lagi? Sangat mudah bukan untuk memasang CCTV di rumah.Cukup dengan Tips Paling Mudah Cara Memasang CCTV Di Rumah tanpa harus memanggil teknisi untuk memasangnya.Ikuti langkah dari awal sampai akhir ya, setelah itu praktekan sendiri. Semoga bermanfaat